Disini Anda Bisa Belajar Sendiri untuk Sukses

Saat memulai membuat website, pertanyaan pertama yang sering muncul adalah bagaimana untuk memulainya? Disini akan dijelaskan gambaran awal serta tahapan membuat website dengan mudah dan cepat.

Ibarat ingin membangun sebuah rumah atau toko yang dapat dipakai untuk tinggal dan menetap atau untuk berusaha/bisnis, maka hal pertama yang dilakukan yakni mencari tempat atau lokasi untuk mendirikan rumah atau toko tersebut. Nah, dalam dunia digital, “tempat atau lokasi” untuk mendirikan rumah atau toko tersebut disebut sebagai “Hosting“.

Selanjutnya, jika rumah atau toko tersebut sudah didirikan tentu perlu ada nama atau alamat rumah atau toko tersebut sehingga orang lain atau siapapun juga dapat mengenali atau mengetahui rumah atau toko itu. Dalam dunia digital, “nama atau alamat” tersebut disebut dengan “Domain

Hosting dan domain ini dalam dunia digital hampir sebagian besar disediakan oleh vendor besar yang memiliki sistem yang handal, baik dari aspek pengamanan maupun dari aspek kualitasnya sehingga para pengguna dapat dengan nyaman “tinggal dan menetap” dalam menjalani aktivitasnya di dunia digital. Mereka ada di seluruh dunia termasuk di Indonesia, dan harganyapun berbeda-beda, mulai dari yang gratis hingga yang paling mahal.

Sebelum memulai membuat website dari WordPress, perlu juga diketahui tentang apa sih sebenarnya WordPress itu dan mengapa menggunakan platform ini? Jika Anda baru menggunakan WordPress, maka Anda mungkin telah memahami sangat mudahnya dalam menginstal Wordress tersebut. Hanya dalam beberapa klik saja, situs web yang Anda buat sudah jadi, nah bagi Anda yang belum tahu apa itu WordPress. Langsung saja berikut paparannya untuk Anda.

WordPress merupakan aplikasi open source yang sangat populer untuk digunakan dalam mesin blog. Basis data pada WordPress adalah (database) MySQL dan untuk bahasa pemrogramnya adalah PHP. WordPress merupakan penerus resmi pada b2 / cafelog. Nama WordPress sendiri yang diusulkan Christine Sellect, yaitu teman dari Matt Mullenweg. Saat ini, WordPress telah menjadi platfrom dari content management system (CMS) untuk beberapa situs web, antara lain, CNN, Reuters, Times, serta banyak lagi lainnya.

WordPress dimulai pada saat Matt Mullenweg sebagai pengguna aktif b2 telah mengetahui proses awal dari pengembangan b2 telah dibehentikan oleh pemrograman yaitu Michael Valdrighi, sehingga Matt Mullenweg ingin melanjutkan pengembangan b2 karena harus menunggu.

WordPress sendiri pertama kali muncul pada tahun 2003, yang merupakan hasil kerja keras dari Matt Mullenweg bersama Mike Little, sehingga WordPress semakin terkenal. Hal ini berkaitan dengan jumlah tampilan yang menarik dan jumlah fitur – fitur tertentu juga terkait dengan dukungan dari komunitas- komunitas pada perangkat lunak pada sumber yang disediakan untuk blog.

WordPress.org dan WordPress.com

WordPress.org adalah wilayah pengembangan, yaitu pada alamat ini seseorang dapat mengubah aplikasi dengan seluruh file pada CMS WordPress. Dibutuhkan, CMS ini dapat diubah ulang kompilasi seseorang dapat dikuasai CSS, PHP dan skriplain. WordPress dengan memakai bahasa Indonesia merupakan berkat kerja dari kontributor Indonesia. Dipimpin oleh seorang mahasiswa dari Universitas Kedokteran Diponegoro (UNDIP) yang bernama Huda Toriq.

WordPress.org: bagi Anda yang memang menginginkan modifikasi pada WordPress sesuai dengan kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog dengan memakai server dan alamat.

WordPress.com adalah situs layanan pada blog dengan memakai mesin WordPress, yang didirikan perusahaan Otomatis. Ketika Anda mendaftar di WordPress.com, maka Anda tidak perlu lagi untuk melakukan konfigurasi atau instalasi yang sangat sulit. Namun, jika Anda merupakan pengguna dari WordPress.com, Anda tidak dapat mengubah templat yang standar yang telah disediakan. Artinya, Anda sebagai pengguna tidak dapat menambah asesoris lainnya yang telah disediakan. Meski begitu, fitur – fitur yang disediakan WordPress.com juga cukup bagus.

WordPress.com: bagi Anda yang ingin membuat blog sendiri dengan cepat dan memiliki alamat situs web.

Cara Instal WordPress Melalui Softaculous Apps Installer

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun cPanel. Saat ini, Anda tidak perlu mengingat username & password cPanel karena Anda dapat mengaksesnya langsung dari member area.

Untuk login ke member area, kunjungi halaman ini untuk mendapatkan HOSTING dan DOMAIN dan isikan alamat email serta password Anda. Kemudian klik Login.

Note: Jika Anda lupa password login, klik link Lupa password? untuk mengganti password login Anda.

2. Setelah berhasil login, pilih menu Hosting & Domain. Anda akan menemukan daftar hosting yang Anda miliki di halaman tersebut. Pilih hosting yang ingin Anda instalkan WordPress-nya, kemudian klik Kelola.

3. Anda akan langsung di bawa ke halaman cPanel pada member area. Jika ingin melihat tampilan cPanel secara keseluruhan (full), klik pada button Open in New Page.

4. Scroll halaman tersebut ke bawah hingga menemukan menu Software. Pada menu tersebut, terdapat aplikasi bernama Softaculous Apps Installer

Kemudian, klik aplikasi tersebut dan Anda akan dibawa ke menu Softaculous. Pilih WordPress.

5. Pada menu WordPress, klik Install Now untuk memulai instalasi.

6. Anda akan menemukan beberapa bagian yang perlu diisi. Pertama-tama adalah Software Setup.

  • Kolom ini akan terisi default HTTP (http://)
  • Pilih nama domain yang ingin Anda instalkan WordPress dari menu drop down yang tersedia.
  • Kosongkan In Directory untuk menginstal WordPress pada website utama Anda (bukan sub directory).

7. Selanjutnya, pada bagian Site Settings Anda diminta mengisikan nama (judul) dan deskripsi website pada kolom yang sudah disediakan.

  • Site Name: isikan nama atau judul website yang Anda inginkan
  • Site Description: isikan deskripsi singkat mengenai website yang akan Anda buat

8. Selanjutnya, scroll ke bagian Admin Account.

  • Isikan Admin Username dengan username yang Anda inginkan
  • Ganti Admin Password dengan password rahasia Anda
  • Tambahkan atau cek Admin Email dengan email aktif yang Anda gunakan

9. Setelah selesai mengkonfigurasikan semua bagian, klik Install.

10. Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai. Instalasi ini akan memakan waktu sekitar 3-4 menit. Pastikan untuk tidak menutup halaman instalasi.

11. Apabila Anda menemukan error seperti ini, maka centang Select the checbox to overwrite all files and continue.

Note: Pada dasarnya setiap Anda memiliki hosting baru, hosting Anda sudah memiliki file index.php. Saat akan menginstal WordPress, Anda diminta untuk menghapus (menimpa) file tersebut dengan index baru.

12. Begini tampilan halaman setelah Anda berhasil menginstal WordPress.

Tampilan Website Anda Setelah Instalasi WordPress

Setelah menginstal WordPress melalui Softaculous Apps Installer, akses domain Anda untuk mengecek apakah WordPress sudah berhasil diinstal dengan baik.

Instalasi website Anda sudah selesai. Anda juga bisa belajar tahapan membuat website menggunakan Wordpres melalui pelatihan video secara gratis. SILAHKAN NONTON DISINI atau bisa instal APLIKASI ANDROIDNYA DISINI

Leave a Reply